Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)

Sergio van Dijk Tak Bisa Jauh dari Sepakbola


Pemain bernama lengkap Serginho van Dijk ini terus menjadi buah bibir karena aksinya yang menawan di lapangan hijau. Namun tak banyak yang tahu jika ia berkenalan dengan dunia sepak bola melalui ayahnya.

Selain itu, pemain yang akrab disapa Sergio ini sempat menjadi seorang gelandang sayap sebelum menjadi striker tajam seperti sekarang ini. Lalu, bagaimana pandangannya melihat perkembangan sepakbola tanah air? Berikut pria ramah senyum itu memberikan komentarnya.

Awal mula berkenalan dengan dunia sepakbola?

Saya punya Ayah. Dia main sepak bola di Belanda di sebuah klub amatir terbaik karena pernah juara. Nama klubnya ACV di Assen. Hampir setiap minggu saat itu umur saya 4-5 saya sering menonton pertandingan ayah. Karena itulah saya mau main sepak bola. Pada umur 6 tahun saya pergi ke klub amatir datang sendiri yang dekat dari rumah saya tinggal.

Posisi bermain pertama kali dimana? Apakah langsung jadi seorang striker?

Posisi pertama saya di gelandang kiri. Karena saya biasa pakai kaki kiri juga. Saya main striker ketika dipilih masuk akademi Groningen pada umur 13 tahun. Saya main pada satu laga uji coba dengan posisi striker dan bisa cetak 3 gol.
Yang disukai dari posisi striker?

Bisa mencetak gol kapanpun. Kalau setiap cetak gol itu senang rasanya. Apalagi itu (striker) posisi lain dari yang lain.

Cita-cita sebenarnya sewaktu kecil?
Saya hanya mau main sepak bola profesional. Pernah saya bermimpi untuk bermain di Ajax Amsterdam lalu pergi ke Barcelona. Itu mimpi saya waktu kecil.

Selain sepak bola, apakah ada cita-cita yang lain?

Saya hanya mau sepak bola. Atau paling tidak masih berkecimpung di dunia olah raga. Saya sempat sekolah di salah satu universitas dengan mengambil jurusan olahraga.

Perbedaan sepakbola di Belanda dan di Indonesia?

Suasana. Di sini lain karena lebih gila dengan sepak bola. Nomor dua setelah agama. Para penonton selalu memberikan dukungan lebih besar. Saya cuma bisa bicara di level Bandung karena semua orang dukung PERSIB. Lain dari yang ada di Belanda. Disana, dalam permainan sepakbola lebih penting taktik. Banyak berpikir main dengan otak. Beda dengan disini yang langsung ingin main ke depan.

Siapa sosok idola di sepakbola?Dulu saya tidak ada satu pemain yang saya idolakan. Saya hanya menonton ada Romario, Ronaldo, Marco van Basten, Patrick Kluivert mereka semua bagus. Tapi, jika boleh memilih saya mengidolakan Dennis Bergkamp. Ia merupakan pemain yang punya teknik luar biasa, pemain yang sangat komplit.

Perasaan menjadi bagian dari Timnas Indonesia berkesempatan menghadapi Timnas Belanda?

Dulu saya tidak pikir Indonesia lawan Belanda, tetapi sekarang bisa. Saya rasa bangga bisa bertemu Belanda memperkuat Timnas Indonesia. Bagi saya laga itu nanti menjadi sedikit spesial.

Sebelum datang ke Indonesia, yang diketahui tentang sepakbola Indonesia?

Saya pernah tahu sepakbola indonesia. Tahun lalu saya cari informasi dari internet soal perkembangan sepakbola Indonesia. Akhirnya saya tahu suporter disini fanatik sekali. Tahun lalu saya coba nonton ISL setiap ada pertandingan besar. Saya menonton laga Persija vs PERSIB yang luar biasa besar animo penontonnya.

Saran untuk kemajuan sepak bola Indonesia?

Saya harap organisasi sepakbola disini membangun sebuah akademi. Karena Indonesia itu negara besar. Harus muncul talenta yang bisa memberikan prestasi, saya yakin itu ada di antara sekitar 250 juta orang di Indonesia. Lalu juga diadakan kunjungan ke Eropa bagi para pemain dan pelatih sebagai ajang bertukar pengalaman. Itu saya pikir penting untuk sebuah kemajuan.

Tips untuk anak muda yang ingin sukses seperti Sergio van Dijk?

Latihan setiap hari. Tidak hanya di lapangan, main di rumah juga bisa, misalnya, berlatih melakukan passing. Itu penting dan yang penting jangan patah semangat. Ada banyak waktu. Kamu mungkin tidak main hari ini tapi itu tidak apa-apa. Kalau kamu terus berusaha itu akan dapat. Lalu jangan lupa beterimakasih pada Tuhan.

Artikel Terkait: Sergio van Dijk Tak Bisa Jauh dari Sepakbola

Description: Sergio van Dijk Tak Bisa Jauh dari Sepakbola Rating: 5.0 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Sergio van Dijk Tak Bisa Jauh dari Sepakbola
Comments
0 Comments

{ 0 komentar... read them below or add one }

Blogroll